SERBA SERBI

apa saja

Tuesday, May 6, 2008

Internet-an : "Just one email/ID account? Maybe no.

Cuma punya satu alamat email/ID massenger/account? kayaknya nggak mungkin deh....
Apalagi kalau sudah berkaitan dengan massenger-nya. Emang sih ada sedikit orang yang hanya menggunakan satu ID. Terus baiknya bagaimana?
Netter pada dasarnya adalah seorang pribadi yang mempunyai berbagai keinginan dan obsesi di dunia maya. Fakta bahwa satu orang dengan berbagai account email/massenger mungkin lazim. Banyak faktor yang melatarbelakanginya, mungkin kita ingin agar nama asli kita tidak diketahui dengan berbagai alasan, membuat sebuah email khusus untuk kepentingan khusus-bisnis misalnya, atau selalu menemukan ID yang selalu lebih cocok dan asik daripada yang lama (dalam massenger), dan lain-lain.
Mungkin sangat jarang seseorang membuat email account yang sesuai dengan nama aslinya, apalagi yang ingin menjadikan email itu sebagai acces ke berbagai komunitas sesuai obsesi nyata dan mayanya. Nama asli mungkin dipakai untuk komunitas atau kepentingan yang benar benar ia kenal, diyakini dan tentu saja aman. Misalnya untuk berinteraksi dengan rekan kantor, relasi atau rekan-rekan almamater. Pokoknya yang formal-formal lah.
Untuk bisnis mungkin lain lagi, mungkin ada yang berpandangan account email dengan nama asli kurang hoki, terus bikin nama yang lebih "greng" atau komersil. Yang ini saja mungkin tidak cukup sekali kita ganti ID/account karena sering terjadi kita menemukan nama yang terlihat selalu lebih bagus dari yang lama.
Ada beberapa yang terpaksa mengganti emailnya karena bosan dengan group mailing listnya yang ternyata kirimannya telah memenuhi inboxnya sampai berjubel dan malas untuk menonaktifkan keanggotaannya, apalagi jika dari group mailing list itu "spam" nya ikut-ikutan nimbrung.
Yang paling sering adalah adalah alamat email yang juga sebagai alamat massenger (seperti di yahoo misalnya). Dalam jiwa seorang netter pasti mempunyai sebuah obsesi yang kadang ingin beda/tidak ia dapatkan di dunia nyata. Jadi ia menggunak ID khusus. Sah-sah saja kok, masa iya chatter yang ingin ber-obsesi mesra2an dengan lawannya (sexchat-lah kasarnya) pake nama asli?
Nah inilah yang kadang membuat seorang netter tidak hanya mempunyai satu ID/account, karena kepentingan/keinginan/obsesinya selalu berubah.
Sebagai contoh saja, atau mungkin kita sendiri yang menjalankannya ya seperti di bawah ini :
Seorang cewek dengan nama asli Rosiana Bachtiar, dikantornya ia mempunyai account formal rosiana_bachtiar@telkomsel.co.id. (nggak usah di klik..wong cuma contoh kok!). Dia juga punya bisnis souvenir dan membuat email account souvenir_kita@yahoo.co.id. Dalam sebuah komunitas pecinta film email dia adalah rosi_twentyone@yahoo.co.id. Obsesinya sebagai gadis normal yang jomblo dan butuh interaksi ia suka juga chatting bebas, mesra-mesraan, bahkan sekschat dengan ID rose_love_u@yahoo.com, rose_sepi@yahoo.com, atau rose_cute@yahoo.com (sekali lagi, jangan di klik! cuma contoh!).
Puyeng nggak? wajar saja karena banyaknya fasilitas gratis yang disediakan, kita jadi lebih mudah ber"eksperimen" dengan identitas-identitas itu, meski kadang karena saking banyaknya jadi nggak keurus (lupa ID atau password sering terjadi).
So? kalau bisa sih sebaiknya jangan terlalu banyak bereksperimen dengan banyaknya account yang kadang bikin repot "ngerawat"nya. Tapi kalau memang suka atau masih ingin agar ID tersbut tetap "eksis", sebaiknya punya catatan khusus yang berisi tentang account dan "kekhususannya", supaya nggak terbengkalai. Terus password sih sebaiknya cukup satu untuk semua account.
Semuanya sah-sah saja tergantung kitanya.

No comments: